SUKA DUKA MAGANG DI PPMI ASSALAAM SURAKARTA #PART 1

Oke, kali ini aku bakal share gimana pengalamanku menjalani salah satu fase menjadi mahasiswa. Hmmm, mahasiswa. 😀

Salah satu fase yang aku lewati adalah masa magang. Kalau jaman dulu namanya PPL, sekarang udah ganti magang karena adanya perubahan kurikulum. Nah, karena namanya udah diganti magang, jadi pelaksanaannya pun diganti konsep per-konsep-an nya yang tadinya tiga bulan (kalo gak salah) jadi dipisah tiga bagian ada magang dasar, lanjut, dan terapan dalam waktu yang berbeda.

Jadi, pembagian kelompok magang ini ditentukan oleh program studi langsung. Gak hanya kelompoknya aja yang dibagi langsung, tapi sekolah tempat magang juga dicariin sama program studi. Gimana? Keren banget kan program studinya? 😀 Mahasiswa cuma harus jalani apa yang seharusnya dijalani. Eh baydewey, aku adalah salah satu mahasiswa bimbingan dan konseling di Univ. Ahmad Dahlan Jogja. So, bidang yang aku geluti adalah bidang pendidikan yang mau gak mau aku harus terjun langsung praktek di sekolahan.

Mungkin yang namanya PPL atau magang ya begitu-begitu aja ya. Ngerjain proker sama tugas-tugas dari sekolahan. Tapi, ini beda. Beda dari yang lain. Awalnya aku merasa terasingkan, karena cuma kelompokku yang ditempatkan di luar Jogja. Merasa ada suatu hal yang memberatkan, tapi juga sedikit tertantang buat mencicipi gimana rasanya hidup di sana. But, aku sangat bersyukur banget pada akhirnya dan terimakasih sama prodi yang udah nempatin kita (tim Assalaam), buat magang di Assalaam. Awalnya gak kebayang bakal merasakan hidup di Solo, gak kebanyang sebanyak apa uang yang bakal dihabisin, gak kebayang juga bawa motor ke Solo (secara gak pernah pergi jauh-jauh) 😀

Oke, pada periode magang pertama, kita ada 10 orang dalam tim. Lima putra dan lima putri. Kita berangkat ke sana dengan modal nekat (bisa dibilang), dengan barang bawaan semobil kayak mau KKN, tapi gak tau nanti di sana mau tinggal di mana. Laa haulaa aja lah, yang penting udah nyampe Solo aja. Ini nih penampakan barang bawaan kita pas magang pertama di Solo.

IMG_20160222_061207

Kita berangkat ke Solo pake motor, konvoy. Gaya banget dah ya? Daaan, aku gak nyangka bakal bawa motor sendiri ke luar kota. Haha secara aku termasuk salah satu pengendara motor yang gak berani ke mana-mana. Nah, dari sanalah aku belajar memberanikan diri buat jalan-jalan teruuuuuus. Ke manapun ayo aja lah. 😀

Finally, setelah kurang lebih dua jam perjalanan kita sampai juga di depan pagar hijau gerbang PPMI Assalaam yang megah ini. Eh btw PPMI Assalaam ini adalah salah satu pondok pesantren yang punya santri mencapai ribuan. Gak tanggung-tanggung fasilitas sama unit usaha nya pun di mana-mana. Awal masuk ke kompleknya kita udah bisa langsung nemuin wisma sama klinik Assalaam. Gak heran juga, karena kualitasnya yang bagus banyak santri yang datang dari penjuru Indonesia, bahkan ada juga dari Malaysia. Kesan pertama yang aku dapetin di sini adalah, lingkungan yang ramah. 🙂

See you in the next post… 🙂

Advertisements