AISYAH IBUNDA KAUM MUKMIN-KAMRAN PASHA (BOOK REVIEW)

Buku ini, gak sengaja aku temuin di rak Grhatama Pustaka Jogja. Waktu itu gak tau lagi nyari buku apa ke sana, eh nemu buku ini di deretan novel-novel. Buku ini katanya sih novel yang berlatarkan masa Bunda Aisyah dulu. Tapi jujur, ini adalah novel sejarah pertama yang bener-bener menggugah hati. Mudah dipahami buat aku yang gak terlalu suka baca sejarah. Buku ini emang jadi jalan lain buat kita yang kepengen belajar sejarah tapi gak suka baca sejarah karena rata-rata buku sejarah itu menyajikan cerita dengan sajian yang ntahlah, aku gak terlalu mudah memahaminya.

Tapi beda banget sama buku ini. Bahasanya mudah dipahami, ceritanya gak lebay. Karakter Bunda Aisyah dan sahabat-sahabat Rasul digambarkan memang seperti manusia biasa yang tidak terlepas dari kekurangan. Lucu, juga menarik. Dan, efeknya dari novel ini adalah aku jadi terbayang-bayang gimana pada masa Rasul dulu dengan banyak hiruk pikuk peperangan. Hidup dalam gelimangan darah. Bagaimana para istri mendampingi suami dalam berjihad. Aaaah, sedih. Sampai gak kerasa nangis baca ini. Campur aduk rasanya saat baca. Antara merasa konyol dengan cerita kecemburuan para istri Nabi dan merasa sedih haru dengan perjuangan Rasul serta sahabat juga keikhlasan para istri. Ceritanya mengalir tanpa didramatisir.

Dari 100 aku kasih nilai novel ini 101. Recomended banget. 🙂 Saya ucapkan terimakasih sekali untuk penulis yang sudah meluangkan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk menyusun dan mengabadikan kisah indah ini. 😀

Oh ya, ini wujud dari cover novel ini.

 

Aisyah, Kamran Pasha

Advertisements