SUKA DUKA MAGANG DI PPMI ASSALAAM #PART 3

Sesuatu yang meribetkan pas kita di sana adalah masalah kosan atau tempat bobo. Berharap suatu keajaiban datang barangkali dari pihak pesantren mau lah bantuin kita nyari kosan atau nyediain satu kamar aja di pondok. Hihi 😀 Alhamdulillaah akhirnya setelah bernegosiasi yang dibantu oleh dosen pembimbing, ustadzah BK juga ustadz di Assalaam akhirnya kita (yang cewek) dapet kosan. Ada yang berbaik hati ngasihin dua kamar kosan nya buat kita tempatin (tetep bayar yaa), syukron ya Pak Trisno.

Ngomong-ngomong hal riweuh yang terjadi sebelum kita dapet kosan adalah “mau di mana kita simpen sementara barang bawaaan yang segudang itu?”. Karena yang mindahin barang-barang itu para cowok, yang cewek gak tau dong di mana perabotan yang kita bawa dari Jogja. Ternyata eh ternyata barang itu udah numpuk di lobby Assalaam Center dari mulai tas, keresek, printer, karpet, galon sampai pada ember semua numpuk di lobby. Malu sebenernya. Haha

Oke, setelah dapet kamar kita mulai beres-beres menata ruangan dan barang-barang yang kita bawa. Tapi betapa malangnya nasib temen-temen yang cowok karena sampai sore mereka belum nemu juga kosan yang cocok sekitar sana. Setelah mereka keliling-keliling alhamdulillah nemuin juga kosan yang lumayan gak terlalu jauh banget dari kita. Sabarnyaaaa. 😀 Akhirnya kita bisa tidur dengan nyenyak deh. Alhamdulillaah

Nah, hari pertama magang rasanya takut kesiangan dan lain sebagainya padahal jarak dari kosan ke sekolah cukup deket. Saking takutnya kita berangkat jam 06.00 dan sarapan bareng di lesehan. 😀

IMG_20160223_062149

Hari-hari awal magang rasanya ya seneng aja gitu ketemu sama orang-orang baru. Kita jalan-jalan observasi keadaan sekolah kayak gimana dan kegiatan santrinya apa aja. Selama di Assalaam, kalau mau jajan selalu mikir-mikir karena males sama penuhnya kantin 😀 bayangin aja sok dari beribu santri putri semua jajan ke kantin yang sama. Sebenernya di sana ada beberapa kantin sih, cuma setiap kantin buka nya pada jam berbeda. Jadi kayak ada jam jam tertentu buka kantin. Pantes aja lah ya anak-anak membludak jajan gitu. Ini nih penampakan kantin yang selalu penuh.

This slideshow requires JavaScript.

Buat kegiatan magang itu sendiri kita sebenernya masuk jam 07.00 sampai jam 13.00. Setelah santri bubar sekolah biasanya langsung berangkat ke masjid buat sholat berjamaah. Kesenengannya anak cowok nih kalau santri putri udah ngabring ke masjid suka nya ngintip. -_- Nah, pas santri sholat, kita biasanya makan siang duluan di resto haha. Kenapa gitu? Karena kata salah satu ustadzah kalau pas jam makan santri itu nanti penuh dan nguantriiii. Jadi yaaaa, dengan senang hati kita selalu makan siang duluan deh 😀

Meskipun kita pulang cepet, tapi jangan salah kita juga mesti balik lagi ke pesantren ba’da isya buat jaga kantor dan melayani santri-santri yang suka mejeng di ruang rahima buat baca buku, curhat, ngobrol-ngobrol atau sekedar ngerayu pengen minjem hape. Biasanya kita balik cepet itu jam 21.00 paling telat ya jam 22.00. Menyenangkan sih bisa rempong bareng santri putri di sana. 😀

Sampai jumpa di postingan selanjutnya… 🙂

Advertisements